Tugas-Tugas Bar Supervisor :
1. Menjaga
lancarnya service
2. Membantu tamu
mencari kursi tempat duduk
3. Menawarkan
menerima order dari tamu
4. Dalam keadaan
sibuk membantu bartenderdalam membuat muniman
5. Dalam keadaan
sibuk membantu waiter melayani tamu
6. Melaporkan
kejadian yang berhubungan dengan pekerjaan kepada bar manager
7. Dalam keadaan
tertentu dimana bar manager absen bertindak sebagai bar manager
Tugas-Tugas Bartender :
Bartenderadalah sama denga salesman dimana maju dan
mundurnya suatu bar tergantung dari bartender.
Seorang bartender yang bertugas
malamharus menyediakan waktu untuk istirahat di waktu siang.
Jika menghadapi
tamu, bartender harus selalu tersenyum supaya tamu merasa senang.
Persiapan yang harus diperhatikan bartender sebelum bar di
buka :
1. Stock minuman
harus lengkap
2. Tempat es harus
diisi penuh
3. Semuanya yang
diperlukan harus siap , groceries, glasses, garnish, daan lain-lain
4. Tempat penyimpanan
beer harus selalu dilihat jika kurang supaya diisi kembali dan harus dijaga
agar beer selalu dingin
5. Makanan kecil
untuk melengkapi minuman juga perlu disiapkan sebelum bar di buka seperti,
peanut, potato cheeps, kripik, dll.
Tugas-Tugas Bar Waiter :
1. Sebelum bar
dibuka, bersihkan dan siapkan meja tamu
2. Di atas meja
harus disiapkan paper napkin, tend card, ashtray, dll
3. Membantu
bartender meyiapkan gelas bersih dan membawa minuman dari gudang
4. Menyiapkan snack
5. Melayani tamu
dengan sopan dan jangan sekali-kali ikut campur dalam pembicaraan dengan tamu
jika tidak diajak bicara
6. Harus selalu
menjaga kejujuran baik kepada perusahaan maupun kepada tamu dan teman kerja
Tugas Bar Boy :
Bar boy adalah dipersiapkan untuk menjadi bar waiter atau
bartender dengan demikian memiliki tugas-tugas antara lain :
1. Membantu bar
waiter mengeluarkan gelas-gelas kosong untuk dicuci
2. Membantu
waiterdalam mengeluarkan botl-botol kosong
3. Membantu
menyiapkan gelas-gelas bersih dan mengambil minumandari gudang
Beberapa petunjuk / aturan untuk bartender
1. Tamu harus
selalu dijaga supaya tetap menjadi tamu langganan kita
2. Harus berusaha mengingatkan pelanggan
kita kalau bisa dengan memanggil namanya atau mengingat kegemarannya dengan demikian akan merasa diperhatikan dan akan selalu
datang
3. Hadapilah semua
keluhan dengan sekaligus mungkin, seperti jika tamu mengadu (complain) minuman
yang kita buat kurang baik janganlah takut untuk mengamatinya dengan minuman
yang baru
Comments
Post a Comment