Skip to main content

Aviation Knowledge Menurut Ilmu Penerbangan

Pengertian Aviation Knowledge Menurut Ilmu Penerbangan

Personil AVSEC (Aviation Security) Adalah :
Personil Yang Telah Memiliki Lisensi Yang Diberi Tugas dan Tanggung Jawab di Bidang Keamanan Penerbangan. Hal Ini Sudah di Sudah di Atur Dalam Peraturan Dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara No.SKEP/2765/XII/2010 Bab I butir 9.

Aviation Knowledge Adalah :
Pengetahuan Tentang Penerbangan Yang Meliputi Pengetahuan Tentang:
Pengetahuan Kebandar Udaraan
Pengetahuan Pelayanan Lalulintas Penerbangan
Pengetahuan Tentang Pesawat Terbang

Definisi Bandar Udara Adalah ; 
Kawasan di Darat Maupun Perairan Dengan Batas-Batas Tertentu Yang Digunakan Sebagai Tempat Pesawat Udara Mendarat dan Lepas Landas Yang Dilengkapi Dengan Fasilitas Keselamatan dan Keamanan Penerbangan Serta Fasilitas Pokok dan Fasilitas Pendukung Lainnya.

Selain Menjadi Tempat Mendarat dan Lepas Landas Pesawat Udara Bandar Udara (Bandara) Juga Mempunyai Fungsi Sebagai Tempat :
Sebagai Tempat Naik Turun Penumpang
Bongakar Muat Barang
Tempat Perpindahan Antra dan Antarmoda Transportasi
Land Side (Ground Service)
Airside
Airspace

Definisi Runway (Landasan) Adalah :
Suatu Daerah Daratan Didalama Kawasan Bandar Udara Berbentuk Persegi Panjang Yang Dipersiapkan Untk Pendaratan dan Tinggal Landas Pesawat Udara. Type Of Runway Diantaranaya :
Singgle Runway
Parallel Runway
Opening v Runway

Adapun Persyaratan Agar Runway Dapat Efektif :
Arahnya Sesuai Dengan Arah Angin Rata-Rata
Panjang dan Kekuatan Sesuai Dengan Jenis Pesawat
Bersih Dari Rintangan (Obstacle)
Sesuai Dengan Kondisi Local

Definisi Elevasi Menurut Ilmu Penerbangan
Altitudo Atau Elevasi adalah posisi vertikal (ketinggian) suatu objek dari suatu titik tertentu (datum). Datum yang biasa digunakan adalah permukaan laut dan permukaan geoid WGS-84 yang digunakan oleh GPS.
Oleh Karena Itu, Altitudo Seringkali Dinyatakan Sebagai Ketinggian Dari Permukaan Laut (biasa disingkat dpl).
Suhu Udara Rata-Rata
Kelembaban Udara Rata-Rata
Kemiringan Daratan (Slope)
Karakteristik Permukaan

Definisi Taxi Way
Taxi Way Adalah Jalan Yang Menghubungkan Bagian Bandar Udara (Bandara) Yang Lain Seperti (Apron, Taxi Lain) Dengan Runway. Berikut Macam-Macam Taxiway.
Exit Taxiway
Parallel Taxiway
Apron Taxiway
Cross Taxiway

Perizinan Terbang
Entry Permit : Izin Untuk Memasuki Wilayah Negara Lain
Flight Appronval : Izin Untuk Menerbangi Suatu Route Penerbangan Tertentu dan Hanya Berlaku Untuk Satu Kali Penerbangan.
Flight Concession : Izin Untuk Menerbangi Beberapa Route Penerbangan Tertentu dan Biasanya Berlaku Selama 3 Bulan Atau Lebih.
SPT (Surat Perintah Terbang) Otoritas Bagi Seorang Penerbangan Untuk Menerbangkan Pesawat.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Soal Aviation knowledge beserta jawabannya

CARGO HANDLING DAN DANGEROUS GOODS  1.      JELASKAN PENGERTIAN DARI BARANG BERBAHAYA MENURUT ORGANISASI PENERBANGAN DUNIA IATA. 2.      SEBUTKAN DAN JELASKAN 2 JENIS CARGO YANG DIATUR DI DALAM IATA AIR CARGO REGULATION BERDASARKAN GOLONGANNYA.  3.      SEBUTKAN HAL-HAL YANG MENJADI PENYEBAB KERENTANAN SUATU BARANG BERBAHAYA DI DALAM KESELAMATAN PENERBANGAN.  4.      SEBUTKAN PIHAK-PIHAK YANG TERKAIT DI DALAM PENGIRIMAN SUATU MUATAN ATAU CARGO.    5.      JELASKAN TAHAPAN PROSES PENGIRIMAN SUATU MUATAN ATAU CARGO SECARA UMUM.    6.      SEBUTKAN DAN JELASKAN PENGELOMPOKAN YANG DIDASARKAN PADA CIRI-CIRI ATAU JENIS BARANG BERBAHAYA ATAUPUN PADA JUMLAH YANG AKAN DIANGKUT DENGAN PESAWAT UDARA YANG DIDASARKAN PADA IATA DG REGULATIONS.    7.      SEBUTKAN KATEGORI BARANG BERBAHAYA YANG DILARANG DIANGKUT KARENA AKIBAT YANG DI TIMBULKANNYA DAPAT MEMBAHAYAKAN KESELAMATAN PENERBANGAN.    8.      BERDASARKAN IATA, BARANG ATAU BAHAN BERBAHAYA DAPAT DIKLASIFIKASIKAN MENJADI 9 KELAS. SEB

Cara Mengganti Url Address Blog di Blogger / Blogspot untuk Pemula

  illustrasi gambar oleh:  Zakaria Kali ini kita akan  belajar  mengenai cara mengganti alamat blog anda dengan mudah. Ketika anda  membuat blog , anda disuruh untuk memasukkan alamat blog. Alamat blog ini digunakan sebagai “identitas” blog anda, jadi ketika ada orang yang ingin mengunjungi blog anda langsung dari browser (bukan dari pencarian google), terlebih dahulu mereka harus memasukkan alamat blog anda pada address bar browser yang mereka gunakan. Namun, di kemudian hari anda ingin mengganti alamat blog anda , entah itu karena ada kesalahan penamaan, alamat blog terlalu panjang dan lain sebagainya. Namun tenang saja, anda dapat menggantinya dengan mudah melalui artikel dibawah ini: 1. Login ke dasboard blogger anda. Selanjutnya pilih  Setelan . 2. Pada menu pengaturan  Dasar , klik  Edit  untuk mengganti alamat blog anda. 3. Masukkan alamat blog baru yang anda inginkan. Pastikan alamat blog yang anda masukkan tersedia, jika tidak, anda dapat menggunakan alamat blog yang lain, ter

Hak Kebebasan Udara (freedom of the air)

Hak Kebebasan Udara (freedom of the air) Hak kebebasan udara merupakan salah satu dari manfaat hubungn bilateral atau multilateral antar negara, dalam dunia penerbangan hak kebebasan udara sangtlah berguna sekali, karena dengan adanya kebebasan udara maka jarak tempuh atau rute dari suatu jalur penerbangan dapat diperpendek. Selain itu, pasaran dari suatu maskapai dapat semakin luas, tidak hanya tingkat domistik, namun juga lintas negara. Adapun kebebasan udara yang telah ada antara lain : 1.      Kebebasan pertama : hak suatu penerbangan baik berjadwal ataupun tidak berjadwal, untuk melintas wilayah udara negara lain tanpa mendarat / landing. Contoh : penerbangan dari singapura menuju sydney dengamn melintasi atau melewati Indonesia. 2.      kebebasan kedua : hak sutau penerbangan baik berjadwal atau tidak berjadwal, untuk melintas wilayah udara negara lain dengan keadaan tertentu sehingga penerbangan tersebut dapat mendarat / landing di negara tersebut tanpa mengangkut ata